3 Jenis Makanan Hits Pasca Lebaran Asli Banua

Lebaran sudah berlalu, tapi nafsu makan masih tinggi? Betul sekali, karena kebanyakan orang masing-masing pulang ke kampung halaman, kalau dari Kalimantan Selatan, sudah pasti banyak yang pulang ke Hulu Sungai. Apa saja sih menu masakan yang paling dicari dan diburu orang pasca lebaran di kampung halaman? Berikut 3 Jenis Makanan Hits Pasca Lebaran Asli Banua :

1. Itik Panggang Alabio

Itik Panggang Alabio

Sudah tak asing lagi menu makanan ini menjadi menu pilihan no. 1 di Kalimantan Selatan, selain rasanya enak, itik asli Alabio juga menghasilkan telor yang enak, ditambah lagi dengan warnanya yang unik, kemerah-merahan. Itik Panggang Alabio yang paling enak berlokasi tepat di Pasar Arba (Pasar Alabio), yakni warung Haji Apul. Bagi kalian yang mau berburu masakan ini, mungkin bisa datang lebih pagi, karena bukanya hanya sampai sore dikarenakan bahan atau itiknya yang terbatas. Selain menjamin rasa, harganya pun sangat terjangkau, sekitar 25 ribu perak, sudah termasuk nasi, minum dan sop panas. Kebayang gak enaknya gimana?

Baca juga : Resep Itik Panggang Alabio 
2. Lamang atau Lemang

Lanjut ke makanan hits yang kedua, yaitu Lamang atau Lemang. Dikenal dalam budaya banjar mempunyai kedudukan tersendiri, biasanya ia hadir pada acara selamatan (acara makan-makan dan sekaligus doa bersama untuk keselamatan), syukuran, dan juga diperjualbelikan secara umum di warung-warung minum dan kue masyarakat banjar.

Lamang

Sebenarnya Lamang merupakan makanan khas orang melayu, makanya lamang juga dikenal di daerah sumatera seperti Padang, Medan dan juga Aceh. Di daerah Sumatera lamang dikenal dengan Lemang/Lamang. Lamang setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi tepung beras bercampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang. Lemang lebih nikmat disantap hangat-hangat. Lamang dijadikan makanan perayaan oleh Suku Dayak yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Bagi Suku Melayu lemang biasa disantap saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha . Orang Padang juga menyukai lemang, bahkan kota seperti Tebing Tinggi  dikenal dengan julukan “Kota Lemang”.

3. Ketupat Kandangan

Makanan terakhir asli Banua yang tidak kalah populernya adalah Ketupat Kandangan. Siapa yang belum pernah nyobain kuliner asli banua yang satu ini? Bagi penduduk asli Banua atau Kalimantan Selatan mungkin pernah mencicipi makanan satu ini atau bahkan menyantapnya ketika bepergian melalui daerah Kandangan, karena tempat persinggahan yang sering dikunjungi tepat di warung ketupat Kandangan. Saya pribadi paling suka mampir ke 'warung Kita". salah satu tempat kuliner yang sering dikunjungi. 

Ketupat Kandangan

Sajian ketupat Kandangan ini berupa irisan ketupat yang disiram kuah berisi lauk ikan gabus atau dalam bahasa Banjar dinamakan iwak haruan yang dipanggang/dibakar di atas bara api sebelum dimasak dalam kuah santan.

Demikian tadi 3 Jenis Makanan Hits Pasca Lebaran Asli Banua, mungkin kalian sendiri mempunyai referensi kuliner yang enak asli banua selain yang disebutkan di atas. So, banggalah menjadi orang Indonesia, yang kaya akan kulinernya juga. 

0 komentar:

Posting Komentar

Beri komentar kalian Gan, demi kemajuan "Aneka Kuliner".