Cara Mudah Merawat Rumah dengan Suasana Alami


Tinggal di perkotaan besar tentu rasanya sangat sumpek karena sudah tercemar berbagai macam polusi. Tak hanya polusi udara yang dihasilkan dari asap-asap kendaraan yang melintas, polusi suara juga bisa diakibatkan oleh kebisingan kendaraan. Karena itu, tak sedikit orang yang tinggal di daerah perkotaan memilih untuk menjadikan rumahnya memiliki suasana yang alami agar terlepas dari segala hiruk-pikuk perkotaan meski letaknya memang berada di kota besar.

Beberapa cara digunakan, misalnya menambahkan unsur-unsur alami seperti kayu-kayuan di dalam rumah, atau bahkan mengubah tampilan rumah secara total sehingga menjadikan rumah sebagai rumah kayu dengan bahan dari kayu jati atau kayu yang lain. Sebelumnya Anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai harga kayu. Tak hanya itu, batu-batuan alami atau batu koral juga sering digunakan sebagai material di rumah.

Penggunaan material alami ini memang sangat indah dan cantik. Namun karena bahannya yang terbuat dari alam dan diekspos begitu saja, membuat material-materila tersebut harus dirawat sedemikian rupa agar tetap awet dan tampilannya tetap terjaga keindahannya. Karena itu, simak beberapa tips di bawah ini untuk merawat rumah dengan suasana alami!

Coating Khusus
Tentunya, untuk menjaga material alami pada bagian luar seperti batu alam atau kayu harus dirawat dengan memberikan coating khusus. Tak hanya melakukan coating di awal pemasangan, coating juga harus dilakukan juga secara berkala. Misalnya dengan jangka waktu setiap sekitar tiga sampai empat bulan sekali. Hal ini dilakukan agar batu bata tidak rusak dan tetap indah meskipun terpapar sinar matahari, angin ataupun karena pergantian cuaca yang merupakan musuh terbesar.

Ada dua jenis coating yang sering digunakan, yaitu coating glossy dan coating dop. Coating glossy selain berfungsi untuk melindungi lapisan batu alam, ia juga membuat warna batu alam juga jadi lebih tajam dan terkesan mengilap. Sedangkan, coating dop hanya melapisi tanpa mengubah warna batu sehingga tetap alami. Dari segi daya tahan, coating dop hanya mampu bertahan sekitar satu tahun saja, sedangkan coating glossy mampu bertahan sekitar empat sampai lima tahun.

Bersihkan
Terletak di bagian luar rumah, batu alam atau batu koral tentu akan sangat wajar jika kotor karena terciprat tanah atau karena kotoran yang menempel. Untuk membersihkannya ternyata tidak sulit juga. Caranya dengan membuat campuran air dan sekitar tiga tutup botol pembersih porselen pada seember air. Kemudian bersihkan dengan menggunakan campuran tersebut. Jika kotoran membandel dan sulit untuk dibersihkan, gunakan bantuan sikat untuk mengangkat kotoran.

Hilangkan Lumut
Lumut adalah salah satu musuh yang dapat dengan mudah hadir tanpa diundang di batu atau kayu. Meski sudah sering dibersihkan, kadang lumut ini sering kali kembali datang dengan mudah. Terutama jika batu atau kayu tersebut kondisinya lembap dan basah. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan cairan penghilang lumut yang dicampur dengan air dan digosok-gosokkan dengan kain atau sambil disikat. Selain itu, campuran air dengan pembersih keramik juga bisa membantu menghilangkan lumut, loh.

Serangan Hewan
Memang tidak hanya lumut saja yang mengganggu kenyamanan Anda di rumah yang bernuansa alami, tetapi jangan lupakan bahwa ada beberapa hewan yang bisa melakukan penyerangan di rumah Anda. Sebut saja hewan seperti rayap yang membuat Anda perlu melakukan pencegahan dengan melapisi setiap bagian kayunya dengan cairan anti rayap agar kayu tidak lapuk atau bahkan habis karena dimakan oleh rayap.

0 komentar:

Posting Komentar

Beri komentar kalian Gan, demi kemajuan "Aneka Kuliner".