Mengenal Imunisasi Lebih Jauh untuk Kesehatan Bayi

imunisasi

Bagi Anda yang baru saja memiliki seorang bayi, tentu kata imunisasi sangatlah familiar di telingan Anda. Sebuah cara untuk meningkatkan kekebalan secara efektif terhadap suatu penyakit, sehingga di kemudian hari tubuh menjadi kebal saat penyakit datang. Imunisasi juga merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk menurunkan angka kematian yang disebabkan oleh beberapa penyakit seperti campak, polio, tetanus dan lain-lain.

Tujuan dan manfaat imunisasi
Memang dirasa imunisasi sangatlah diperlukan, beberapa tujuannya diantaranya sebagai berikut;

1. Pencegahan terjadinya penyakit tertentu pada seseorang dan menghilangkan penyakit tertentu di dunia.
2. Untuk melindungi dan mencegah penyakit-penyakit menular yang sangat berbahaya bagi bayi dan anak.
3. Anak menjadi kebal terhadap penyakit sehingga dapat menurunkan angka morbilitas dan mortilitas serta dapat mengurangi kecacatan akibat penyakit tertentu.
4. Mengurangi angka penderita suatu penyakit yang sangat membahayakan kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian pada penderitanya.

Bagi keluarga, imunisasi dapat menghilangkan kecemasan dan memperkuat psikologi pengobatan bila anak jatuh sakit, mendukung pembentukan keluarga bila orang tua yakin bahwa anaknya akan menghadapi dan menjalani anak anaknya di masa kanak-kanak dengan tenang. Kemudian bagi si Anak, imunisasi bermanfaat untuk encegah penderitaan atau kesakitan yang ditimbulkan oleh penyakit yang kemungkinan akan menyebabkan kecacatan atau kematian.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kekebalan tubuh
Perlu juga diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, sehingga tidak semua individu memiliki kekebalan yang sama, diantara faktornya adalah sebagai berikut;

Kehamilan
Wanita yang sedang hamil pada umumnya lebih rentan terhadap penyakit- penyakit menular tertentu misalnya penyakit polio, pnemonia, malaria serta amebiosis. Sebaliknya untuk penyakit typhoid dan meningitis jarang terjadi pada wanita hamil.

Umur
Untuk beberapa penyakit tertentu pada bayi (anak balita) dan orang tua lebih mudah terserang. Sedangkan pada usia sangat muda atau usia tua lebih rentan, kurang kebal terhadap penyakit-penyakit menular tertentu. Hal ini mungkin disebabkan karena kedua kelompok unsur tersebut daya tahan tubuhnya rendah.

Seks
Untuk penyaki-penyakit menular tertentu seperti polio dan diphteria lebih parah terjadi pada wanita dari pada pria.

Gizi
Gizi yang baik pada umumnya akan meningkatkan resistensi tubuh terhadap penyakit-penyakit infeksi, sebaliknya kekurangan gizi berakibat kerentanan seseorang terhadap penyakit infeksi.

Trauma
Stres, salah satu bentuk trauma merupakan penyebab kerentanan seseorang terhadap suatu penyakit infeksi tertentu.

Beberapa tahun yang silam, adding saya meninggak dunia dikarenakan penyakit yang berdatangan saat dia masih balita. Adapun menurut keterangan dokter, bahwa adik saya memiliki kekebalan tubuh yang rendah, selain itu orangtua saya sendiri telah mengabaikan program imunisasi tersebut, lantaran beredar isu yang mengatakan bahwa imunisasi juga bisa menyebabkan kegagalan, mungkin beranggapan dari beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Jika Anda memiliki pengetahuan yang minim mengenai imunisasi, Anda bisa saja mengunjungi situs dari Wyeth Parenting, yang mengupas mengenai kesehatan bagi anak. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya. So, untuk kesehatan anak jangan ditunda lagi. ^.^

0 komentar:

Posting Komentar

Beri komentar kalian Gan, demi kemajuan "Aneka Kuliner".